Manfaat Konsumsi Ikan untuk Kesehatan

Artikel KM Dilihat: 60489

manfaat-konsumsi-ikan

Ikan memilki banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak Omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia.

Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan atau sumber protein yang lain nya. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan maupun dalam mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kelebihan ikan antara lain :

 

manfaat-ikan


Sedangkan jika dihubungkan dengan kesehatan dan penyakit;

manfaat mengkonsumsi ikan; antara lain; adalah

Jantung :
Di dalam minyak ikan terdapat asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama Eikosa Pentaenoat (EPA) dan Dakosa Heksaenoat (DHA) yang dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol, trigliserida dan lipoprotein.

Otak :
Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi risiko penurunan fungsi otak. Pikun atau Alzheimer, adalah penyakit gangguan otak yang secara bertahap merusak sel-sel otak, dimana fungsi kognitif (memori dan komunikasi) menjadi terganggu dan berdampak terhadap pengendalian diri seseorang. Mengkonsumsi ikan minimal satu kali per minggu sangat bermanfaat bagi kesehatan syaraf dan dapat mencegah penuaan dini termasuk pikun.

Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Sehingga konsumsi ikan untuk anak sangat dianjurkan untuk merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Kulit :
Dengan mengkonsumsi ikan dapat mencegah penuaan dini dan penuaan kulit, sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput dapat diperlambat. Ikan sangat kaya akan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Ikan dan produknya merupakan makanan yang dikonsumsi di seluruh dunia. Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi; 14-16 persen protein hewani yang dikonsumsi dunia berasal dari ikan. Lebih dari satu miliar penduduk dunia mengandalkan ikan sebagai sumber protein utama.

Berdasarkan informasi dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI;

bahwa :
Kadar protein ikan segar atau olahan cukup tinggi, seperti cakalang 24,2 %, tuna 23,7 %, bandeng 21,7 %, lemuru 20,2 %, ikan mas 16 %, pindang 27 %, ikan asap 30 %, ikan asin 42-50 %, udang segar 21 % dan udang kering 62,4 %. Kandungan lemak ikan rendah, umumnya di bawah 5 persen. Bandingkan dengan kandungan lemak ayam yang mencapai 25 %. Ikan juga kaya akan kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan B1.

Mengkonsumsi ikan sebanyak dua porsi per minggu, dapat mencegah atau mengurangi resiko seseorang mengidap serangan jantung. Bahkan ada indikasi masyarakat yang gemar makan ikan memiliki umur harapan hidup yang lebih panjang daripada yang kurang mengkonsumsi ikan, karena di dalam minyak ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama yang disebut eikosapentaenoat (EPA) dan dakosaheksaenoat (DHA) yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Sehingga ritme kerja jantung menjadi teratur kembali dan penyakit serangan jantung dapat diperlambat kedatangannya.


Baca Juga :