Pentingnya ASI bagi Kesehatan Ibu dan Anak

Artikel KM Dilihat: 691

ASI_air_susu_ibu

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi/ anak karena mengandung zat gizi paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan mineral yang dibutuhkan bayi dalam jumlah yang seimbang. ASI adalah cairan hasil sekresi kelenjar payudara seorang ibu.

ASI sangat penting bagi asupan bayi, sehingga pemerintah telah menetapkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif atau disebut ASI Ekslusif bagi bayi di Indonesia sejak bayi lahir sampai dengan bayi berumur 6 (enam) bulan dan dianjurkan dilanjutkan sampai anak berusia 2 (dua) tahun dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai.

Dan semua tenaga kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan agar menginformasikan kepada semua Ibu yang baru melahirkan untuk memberikan ASI Eksklusif. Selanjutnya siapapun yang menghalangi seorang ibu menyusui bayinya dengan sengaja dan tanpa alasan yang tepat akan dikenakan tindak pidana.

ASI Ekslusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan sampai dengan usia 6 (enam) bulan tanpa menambahkan dan/ atau menggantikan dengan makanan atau minuman lain. Menyusui Ekslusif artinya tidak memberi bayi makanan atau minuman lain, termasuk air putih, selain menyusui, kecuali obat obatan atau vitamin atau mineral tetes, serta ASI perah.

Memberikan ASI sejak dini, bahkan segera setelah bayi dilahirkan mempunyai dampak yang positif baik bagi ibu dan bayinya. Memberikan ASI bagi seorang ibu selain menjalin kasih sayang dengan bayi, tetapi juga dapat memilki manfaat mengurangi perdarahan setelah melahirkan, mempercepat pemulihan kesehatan ibu, menunda kehamilan, mengurangi risiko terkena kanker payudara, dan tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu.

Pemberian ASI dapat membentuk perkembangan emosional bayi karena dalam dekapan ibu selama disusui, bayi bersentuhan langsung dengan ibu sehingga mendapatkan kehangatan, kasih sayang, ikatan emosional dan rasa aman.

Beberapa manfaat ASI antara lain :

Maka penting bagi seorang ibu untuk menyusui bayinya, keberhasilan seorang ibu untuk menyusui bayinya sangat dipengaruhi oleh dukungan dari suami, keluarga, petugas kesehatan, masyarakat serta lingkungan.

 


Baca Juga :

 

Cetak