Artikel

Pencegahan COVID-19, Cara Memakai Masker Yang Benar

anak-pakai-masker

Sehubungan dengan Pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh penyebaran dan penularan Virus nCoV19 atau Virus SARCoV-2, atau Virus Corona; masyarakat saat ini cenderung menggunakan masker untuk menghindari tertular penyakit tersebut.

Masker yang biasa digunakan banyak orang untuk mencegah penyebaran penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna biru atau hijau dan sisi berwarna putih. Sisi yang berwarna diposisikan pada bagian luar. Untuk kebutuhan umum, pilih masker bedah yang berfungsi melindungi dari mikroorganisme, cairan tubuh, dan partikel berukuran besar di udara.

Namun demikian penggunaan masker di masyarakat banyak kejadian yang tidak semestinya; akibat kurangnya pemahaman tentang penggunaan masker; misalnya : masker dipakai berulang ulang, cara memasang dan melepas masker tidak semestinya; dll.

Jika sehat, hanya perlu memakai masker jika berdekatan atau bahkan merawat orang yang diduga terinfeksi 2019-nCoV. Kenakan masker hanya jika batuk atau bersin. Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan perilaku membersihkan tangan yang sering dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air.

Jika mengenakan masker, maka harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar. Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker.

Hindari menyentuh masker saat menggunakannya; jika melakukannya, maka bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali, masker adalah barang sekali pakai.

Untuk melepas masker; lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan topeng); segera dibuang ke tempat sampah tertutup; bersihkan tangan dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air.

Rekomendari Kemeterian Kesehatan RI perihal Penggunaan Masker adalah sbb :
Secara umum orang yang sehat dan baik baik saja tidak perlu menggunakan masker. Sebaiknya masker hanya digunakan jika anda batuk ataub bersin; dan jika anda sedang berangsur pulih dari sakit. Jika akan menggunakan masker pakailah masker bedah bukan masker tipe N95; cara penggunaannya adalah :

  1. Tutup mulut, hidung dan dagu ada, pastikan bagian masker yang berwarna berada disebelah depan.
  2. Tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung anda dan tarik ke belakang kebagian bawah dagu.
  3. Lepas masker yang telah digunakan dengan hanya memegang talinya dan langsung buang ketempat sampah.
  4. Agar bersih gantilah masker anda secara rutin apabila basah atau kotor.
  5. Cuci tangan pakai sabun setelah membuang masker yang telah digunakan kedalam tempat sampah.

Video WHO, Cara Menggunakan Masker :



Referensi :
WHO; Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks.
Kemkes RI; Cara Memakai Masker Yang Benar


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button