KRAKATAU MEDIKA

Artikel

pencarian

Pencegahan COVID-19, dengan Social Distancing atau Physical Distancing

Social Distancing dapat diartikan "menjaga jarak" dalam bersosilisasi; istilah ini muncul sehubungan dengan Pandemi COVID-19. Melakukan "jarak sosial" atau menjaga jarak dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit sangat menular yang menjadi pandemi COVID-19.

Upaya Disinfeksi Pencegahan COVID-19

didinfeksi-covid19""

Disinfeksi adalah proses pengurangan jumlah kemungkinan mikroorganisme ke tingkat bahaya yang lebih rendah pada area yang terindikasi kontaminasi oleh microorganisme. Disinfeksi dapat dilakukan dengan proses penyemprotan atau fogging, pembersihan, lap, pencucian dengan tujuan untuk menyebarkan desinfektan ada mikroorganisme.

Mengenal Informasi, Label dan Izin Edar Kosmetika

kosmetika

Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan membran mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Protokol Kesehatan Penanganan COVID-19; Pemerintah Indonesia

protokol-covid-19

Pemerintah RI telah menyusun protokol utama dalam penanganan kasus penyebaran virus corona (COVID-19). Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama dengan berbagai kementerian, terutama Kementerian Kesehatan, menyusun pedoman utama tersebut sehingga mudah diimplementasikan oleh siapapun.

Nomor Izin Edar (NIE) atau Nomor Registrasi Obat

nie-obat

Lanjutan dari artikel Mengenali Obat, Informasi dan Golongan Obat.  Nomor Izin Edar (NIE) atau Nomor Registrasi Obat penting untuk diperhatikan untuk memastikan obat telah terdaftar di Badan POM sehingga obat dijamin aman, berkhasiat dan bermutu.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat - STBM

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disingkat STBM adalah program pemerintah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat.

Mengenal Penggolongan Obat Tradisional

 obat-tradisional

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan  sarian  (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Vaksin Influenza, Imunisasi terhadap Virus Flu

influenza

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Mengenali Obat, Informasi dan Golongan Obat

mengenal-obat

Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untukmempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi, untuk manusia (UU No. 36 Thn 2009).