Aplicares BPJS Kesehatan, keterbukaan Informasi Faskes dan Ketersediaan Kamar

Aplikasi pencarian faskes bernama Aplicares milik BPJS Kesehatan; saat ini dapat diakses oleh publik. Aplikasi Aplicares merupakan bentuk keterbukaan informasi perihal fasilitas kesehatan baik Faskes Tingkat Pertama (PPK 1), maupun Faskes Rujukan Tingkat Lanjut (FKTRL).

Bahkan pada faskes yang menyediakan layanan rawat inap, publik dapat mengakses informasi perihal ketersediaan kamar yang tersedia pada faskes tersebut. Aplikasi berbasis website ini berfungsi mencari lokasi dan informasi tentang faskes yang diinginkan oleh publik. Serta memandu menuju lokasi yang dipilih dilengkapi dengan peta lokasi. Dan yang terpenting adalah bahwa Aplicares bisa digunakan untuk seluruh peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Pada menu Aplicares terdapat 3 menu utama. Pertama, dashboard, berisi informasi jumlah faskes yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan informasi RS yang telah menyediakan informasi ketersediaan kamar dengan menunjuk pada running text yang terdapat di bagian atas grafik. Updating data ketersediaan tempat tidur terintegrasi dengan sistem informasi RS. Kedua, menu pencarian faskes berisi informasi lokasi, dan profil faskes. Ketiga, peta sebaran faskes BPJS Kesehatan.

Jika ingin mencoba aplikasi Aplicare ini maka buka browser dan kunjungi alamat ini : https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/dashboard; atau coba klik disini : Aplicares.  Maka kita akan dihadapkan pada Dasboard Aplicares seperti pada gambar dibawah ini :



Selanjutnya coba menu Pencarian; dan masukkan data Nama Faskes : "Krakatau Medika"; serta masukkan data Jenis Faskes "Rumah Sakit"; maka kita akan dihadapkan pada tampilan Aplicare berupa informasi "ketersediaan kamar di Rumah Sakit Krakatau Medika" seperti gambar dibawah ini :


Lebih lanjut kita coba tampilan Aplicares geser ke kanan, maka akan tampak "tombol Aksi"; kemudian kita coba klik tombol tersebut maka kita akan dihadapkan pada tampilan "peta ketersediaan tempat tidur" seperti ini :


Informasi tersebut berasal dari integrasi (bridging) sistem informasi masing masing faskes dengan sistem informasi yang dimiliki BPJS Kesehatan.  Kita juga bisa memperoleh informasi perihal detail Tempat Tidur untuk masing masing Ruang Perawatan serta Fasilitas dan Sarana Penunjang yang tersedia. Aplicares merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk publik terutama peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan dalam memberikan informasi perihal faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail