Tips Pengelolaan Stress untuk menjaga Kesehatan

pengelolaan-stress

Stress merupakan bagian dari kehidupan yang tidak terhindarkan, namun demikian itu tidak berarti harus dibiarkan, karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika terlalu sering mengalami stres yang kemudian tidak dikelola dapat menurunkan kesehatan baik fisik maupun mental.

Tips untuk pengelolaan stress; antara lain :

  1. Istirahat
  2. Menarik Nafas Dalam
  3. Makan dengan benar
  4. Olahraga ringan
  5. Mendengarkan musik
  6. Visualisasi.
  7. Bicaralah dengan teman, keluarga, dll

Ketika seseorang stres, maka suatu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus akan memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol menaikkan gula darah; kondisi ini jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan.

Berikut ini adalah penjelasan tips yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengurangi tingkat stress; walaupun mungkin masih banyak cara lain untuk mengurangi stress; sebagai berikut :

1. Istirahat
Istirahat yang cukup dengan cara tidur malam agak lebih awal, dengan cara demikian maka organ tubuh diberikan kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan diri; otot menglamami relaksasi. Stress memang dapat menyebabkan sulit tidur, namun upaya yang serius untuk tidur dapat dilakukan dengan memperbaiki suasana dan lingkungan.

2. Menarik Nafas Dalam
Menarik napas dalam-dalam dapat menurunkan stres; denganmenarik napas dalam memberikan kesempatan kepada organ pernapasan untuk mendapatkan oksigen lebih banyak dan mengalirkannya keseluruh tubuh. Tarik napas pelan pelan dan dalam, tahan beberapa detik kemudian lepaskan secara perlahan lahan juga.

3. Makan dengan benar
Stres dan diet ada hubungannya, pada saat sesorang mengalami stress sering lupa untuk makan, jika makan tetap diperhatikan kemudian asupannya memperhatikan gizi seimbang, maka dapat membantu mengurangi stress. Namunupayakan untuk menghindari makanan manis, asin, dan lemak berlebihan. Buah dan sayuran tetap menjadi pilihan paling baik, dan ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi dipercaya dapat mengurangi gejala stres.

4. Olahraga ringan
Olahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar kantor atau berdiri untuk meregangkan badan selama istirahat di tempat kerja dapat meredakan stress dengan cepat. Olahraga ringan yang memadai dapat membuat aliran darah lebih baik dan bergerak melepaskan endorfin sehingga meningkatkan suasana hati menjadi lebih tenang.

5. Mendengarkan musik
Jika merasakan stres yang cukup hebat, dapat diredam dengan beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Mendengarkan musik yang tenang dan apalagi jika disukai memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

6. Visualisasi
Stress akan berkurang jika visualisasi dikombinasikan dengan pandangan mata yang bersifat membuat santai dan relaks; misalnya memberikan pandangan mata yang jauh pada panorama yang menyejukkan; seperti pandangan ke gunung, hamparan sawah, atau pandangan laut dan pantai. Beberapa referensi menyebutkan game dan menonton untuk membantu mengurangi stress, namun terlalu serius terlibat dalam game ternyata dapat menimbulkan stress baru.

7. Bicaralah dengan teman, keluarga, dll
Saat merasa stres, luangkan waktu sejenak untuk menghubungi teman dan berbicara tentang masalah yang sedang dihadapi, walaupun teman tidak memilki solusi namun minimal sudah dilepaskan. Hubungan yang baik dengan teman, keluarga dan orang yang dicintai penting memberikan motivasi dan semangat hidup. Sebuah pertemuan atau mendengar suara dari seseorang yang dekat; akan membantu menenangkan pikiran.

Menurut flyer yang diterbitkan oleh Direktorat P2PTMN Kemenkes RI; untuk pengendalian stress dapat dilakukan upaya upaya sbb :

  • Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya.
  • Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
  • Kembangkan hobi yang bermanfaat.
  • Tenangkan pikiran dengan relaksasi.
  • Berfikir positif
  • Meningkatkan ibadah, mendekatkan diri pada Tuhan.
    Jagalah kesehatan dengan cara olahraga/ aktivitas fisik teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

fyer-management-stress

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail