Artikel

Lindungi Anak anak dari COVID-19

lindungi-anak-dari-covid

Pandemi COVID-19 belum juga reda dan berakhir sampai sekarang ini, bahkan cenderung penularannya semakin meningkat sehingga menimbulkan kehawatiran dan kecemasan bagi kebanyakan orang tua yang memilki anak.

Pemerintah sudah mulai melaksanakan program Vaksinasi COVID-19; namun masih terbatas dan kebetulan untuk anak anak (usia < 18 tahun); masih belum dilakukan untuk saat ini. Sehingga anak anak perlu untuk mendapat perhatian dan perlindungan dari orangtua dan masyarakat terhadap kemungkinan terpapar COVID-19.

Pandemi COVID-19 mungkin membuat stres bagi orang-orang, ketakutan dan kecemasan tentang penyakit baru ini dan kemungkinan apa yang akan terjadi bisa sangat membebani dan menyebabkan tekanan mental yang kuat baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Aktifitas masyarakat perihal protokol kesehatan, seperti menjaga jarak fisik, dapat membuat orang merasa terisolasi dan kesepian serta dapat meningkatkan stres dan kecemasan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk upaya melindungi anak dari Virus Corona (COVID-19); sbb :

Menjaga Anak Secara Fisik

  1. Pastikan Anak Tetap di Rumah
    Pastikan anak tidak bepergian atau bermain di luar rumah sampai bebas dari pandemi Covid-19 Dampingi anak selama kegiatan "belajar di rumah".
  2. Ajarkan anak untuk mengenakan Masker
    Ajarkan anak untuk mengenakan Masker dengan benar dan melepasnya di tempat yang aman; serta meggantinya jika sudah saatnya diganti.
  3. Hindarkan Anak dari Keramaian & Kerumunan
    Selalu berupaya untuk menghindarkan anak dari keramaian dan kerumunan; kurangi bermain bersama teman teman.
  4. Ajari Anak Cuci tangan
    Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir efektif mencegah penularan Covid-19 Lakukan saat sebelum & sesudah makan, setelah BAB & BAK, serta setelah beaktivitas.
  5. Hindarkan Kontak Fisik
    Ingatkan anak bahwa untuk sementara, hindari bersalaman, cium tangan, berpelukan, dll Jaga jarak dengan siapapun 1 - 2 meter. Jelaskan latar belakang dan sebabnya dengan hati hati agar tidak menjadi salah persepsi.
  6. Ajarkan Anak Untuk Tidak Menyentuh Wajah
    Ajarkan anak anak untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor (belum melakukan Cuci Tangan Pakai sabun); jelaskan juga latar belakang dan sebabnya bahwa tangan kotor kemungkinan besar mengandung kuman, virus dan mikroorganisme; yang bisa masuk kedalam tubuh kita melalui hidung, mulut, atau mata.
  7. Ajak Anak Menjaga Kebersihan
    Ajak anak membersihkan bagian/permukaan benda yang sering disentuh seperti meja belajar, gadget (handphone, laptop, komputer), alat tulis, mainan, dll. Jelaskan mengapa kita perlu melakukan kegiatan membersihkan permukaan benda benda tersebut; sehingga tertanam dalam diri anak bahwa hal itu menjadi penting.
  8. Jaga daya Tahun Tubuh Anak
    Berikan makanan bergizi seimbang pada anak. Ajak anak tetap beraktivitas fisik yang cukup di rumah Cukup istirahat dan tidur. Jelaskan mengapa aktifitas tersebut menjadi penting pada masa pandemi sekarang ini.
  9. Ajarkan Anak perihal Etika Batuk dan Bersin
    Ajarkan anak anak perihal etika batuk dan bersin; jelaskan bahwa batuk dan bersin sembarangan dapat menyebabkan penyebaran virus, kuman, dan mikrorganisme dan dapat menimbulkan orang lain menjadi sakit. Ajarkan juga untuk menegur temannya jika mereka melakukan batuk dan bersin sembarangan.
  10. Pantau Kondisi Anak
    Apabila anak mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan & sesak napas atau tanda gejala Covid-19 lainnya, segera bawa ke fasilitas kesehatan.

Menjaga Anak Secara Mental

  1. Anak-anak mungkin menanggapi stres dengan cara yang berbeda seperti menjadi lebih melekat, cemas, menarik diri, marah atau gelisah, mengompol, dll. Tanggapi reaksi anak Anda dengan cara yang mendukung, dengarkan kekhawatiran mereka dan beri mereka cinta dan perhatian ekstra.
  2. Anak-anak membutuhkan cinta dan perhatian orang dewasa selama masa-masa sulit. Beri mereka waktu dan perhatian ekstra. Ingatlah untuk mendengarkan anak Anda, berbicaralah dengan ramah dan hargai mereka. Jika memungkinkan, berikan kesempatan kepada anak untuk bermain dan bersantai.
  3. Cobalah dan pertahankan anak-anak dekat dengan orang tua dan keluarga mereka dan hindari memisahkan anak-anak dan pengasuh mereka sejauh mungkin. Jika terjadi perpisahan (misalnya rawat inap) pastikan kontak rutin (misalnya via telepon) dan jaminan ulang.
  4. Jaga rutinitas dan jadwal sesering mungkin, atau bantu buat yang baru di lingkungan baru, termasuk sekolah / pembelajaran serta waktu untuk bermain dan bersantai dengan aman.
  5. Berikan fakta tentang apa yang telah terjadi, jelaskan apa yang sedang terjadi, dan beri mereka informasi yang jelas tentang cara mengurangi risiko tertular penyakit dengan kata-kata yang dapat mereka pahami tergantung pada usia mereka, termasuk memberikan informasi tentang apa yang dapat terjadi. dengan cara meyakinkan (mis. anggota keluarga dan / atau anak mungkin mulai merasa tidak enak badan dan mungkin harus pergi ke rumah sakit untuk beberapa waktu sehingga dokter dapat membantu mereka merasa lebih baik).

3x3 Lindungi Anak dari COVID-19 (Satgas Penanganan COVID19 -  Indonesia)

3 Pertama

  1. Langkah pertama yakni dukung keluarga memenuhi kebutuhan gizi anak. Sosialisasikan panduan dan sediakan sarana pelayanan gizi esensial berkelanjutan untuk remaja, perempuan usia subur, ibu hamil dan menyusui, dan balita.
  2. Kedua, dukung anak agar tetap belajar. Ia menjelaskan, perluas pilihan metode belajar dari rumah agar tersedia pula metode yang minim atau tanpa teknologi, awasi pembelajaran dan partisipasi murid melalui platform daring.
  3. Ketiga, lindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, dan pelecehan. Perlindungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial kepada anak yang rentan.

3 Berikutnya

  1. Pertama, menjaga jarak aman, sekitar 1 hingga 2 meter.
  2. Kedua, mengajari mereka menggunakan masker dengan benar dan membiasakan dengan wajir bermasker apabila di ruang publik.
  3. Ketiga, sering-sering untuk mencontohkan kepada anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.


Referensi :
1. WHO; Helping children cope with stress during the 2019-nCoV outbreak.
2. Satgas Penanganan COVID-19; 3X3 Ala Satgas Penanganan COVID-19 Lindungi Anak dari Pandemi


Baca Juga :

  1. Lindungi Lansia dari COVID-19
  2. Lindungi Ibu Hamil dari Covid-19