Tips agar Anak mau Makan Buah dan Sayuran

buah-sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh baik pada dewasa maupun anak-anak. Sayuran dan buah-buahan menyediakan vitamin penting seperti vitamin C dan asam folat.

Sedangkan untuk anak; nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhannya. Namun demikian, banyak anak yang tidak menyukai untuk memakan buah ataupun sayuran; terutama jika buah dan sayuran yang dilihatnya nampak asing dan tidak dikenal dengan baik.

Anak perlu dibimbing, dibantu, dinasehati dan diarahkan untuk mau makan buah dan sayuran; karena dengan hanya menyuruh saja seringkali tidak efektif, mungkin didepan orangtua menurut namun dibelakang berbeda. Berikut ini adalah tips dan peran orang tua agar anak mau kan buah dan sayuran; sbb :


1. Sajikan buah dengan potongan yang menarik; Hidangkan potongan buah dengan bentuk unik sehingga menarik perhatian anak. Dari sini persepsi anak akan mulai berubah bahwa rupanya buah-buahan nggak “semengerikan” yang dia bayangkan selama ini.

2. Kenalkan Buah yang manis terlebih dahulu; Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, atau kurang menarik pada anak.Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak.

3. Modifikasi ke Bentuk Lain; Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan dengan membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding dan sebagainya

4. Jangan Memberi Terlalu Banyak; Jenis Variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak juga harus diatur. Berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu buah pada anak-anak, karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa.

5. Ajak Anak Berpartisipasi; Mengajak serta anak saat menyiapkan buah dan sayuran agar anak lebih tertarik untuk mencoba makan buah dan sayuran.

6. Sisipkan pada Bekal Makan Anak; Konsisten dalam memberikan menu buah dan sayuran pada anak. Tambahkan buah dan sayuran pada Bekal Makan Anak.

7. Perlihatkan dengan Tindakan (Tauladan); Sebaiknya orang tua makan buah dan sayuran bersama atau didepan anak agar anak termotivasi untuk ikut makan buah dan sayuran.


Ref : P2PTM Kemenkes RI

 


Baca Juga :

 

 


Cetak   E-mail