Artikel

Tips Agar Tidur Malam Lebih Baik bagi Kesehatan

kualitas-tidur

Kegiatan sehari hari, stress kerja, tanggung jawab keluarga, segala persoalan yang dihadapi seharian; dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur dimalam hari; yang dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan.

Manusia membutuhkan tidur yang berkualitas dimalam hari untuk memberikan kesempatan kepada tubuh beristirahat dan memulihkan kondisi; sehingga keesokan hari dapat beraktifitas bugar dan kesehatan terjaga. Berikut ini bebera tips untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi sulit tidur :

1. Tetap pada jadwal tidur
Tetapkan pada jadwal tidur dengan waktu tidur dan bangun yang sama; dan ikuti jadwal tersebut dengan disiplin, bahkan pada akhir pekan. Dengan cara ini akan membantu mengatur jam tubuh dan dapat membantu tidur; dan tetap tertidur lelap di malam hari. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat adalah setidaknya tujuh jam, kebanyakan orang tidak perlu lebih dari delapan jam di tempat tidur.
Jika sulit tidur dan tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamar tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Membaca atau atau mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu, namun jangan memegang hp atau gadget.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum
Jangan pergi tidur dalam kondisi lapar, namun hindari makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Hindari alkohol, rokok, kopi, dan makanan berat di malam hari. Alkohol, rokok, dan kafein dapat mengganggu tidur. Makan makanan besar atau pedas dapat menyebabkan ketidak nyamanan karena kerja berat dan gangguan pencernaan yang membuatnya jadi sulit tidur. Jika bisa, hindari makan dalam jumlah besar selama dua hingga tiga jam sebelum tidur. Cobalah makananan ringan 45 menit sebelum tidur jika Anda masih lapar

3. Ciptakan lingkungan yang tenang
Buat ruangan yang ideal untuk tidur, biasanya sejuk, dingin, gelap dan sunyi; serta tidak ada gangguan lainnya; seperti nyamuk, hal al yang mebuat alergi, dll. Hindari penggunaan layar bercahaya dalam waktu lama sebelum tidur; televisi, laptop, dll. Pertimbangkan untuk menggunakan cahaya lembut temaram, warna yang gelap pada ruangan, penyumbat telinga, kipas angin atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan kenyamanan tidur. Lakukan aktifitas menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat meningkatkan kualitas tidur yang sehat.

4. Batasi tidur siang dan sore hari
Tidur siang atau sore hari yang panjang bisa mengganggu tidur malam. Jika memilih untuk tidur siang karena sangat mengantuk, batasi tidurnya hingga 30 menit dan hindari melakukannya di sore hari. Namun, jika bekerja di malam hari, mungkin perlu tidur di siang hari; sebaiknya tidur siang hanya untuk menggantikan kehilangan waktu tidur karena bekerja.

5. Aktifitas fisik.
Aktifitas fisik yang teratur disiang dan sore hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari aktifitas terlalu dekat dengan waktu tidur. Melakukan aktifitas diluar ruangan pada siang hari dapat membantu tidur malam lebih baik.

6. Pengelolaan Stress
Upayakan untuk menyelesaikan segala jenis stress, kecemasan dan kekhawatiran sebelum tidur. Catat apa yang ada di pikiran yang membuat stress, cemas, dan khawatir dan kemudian sisihkan untuk diselesaikan besok. Manajemen stres akan membantu tidur yang baik, lakukan pengelolaan dengan dasar-dasar manajerial, seperti mengorganisir, menetapkan prioritas, dan mendelegasikan.

Berikut ini adalah rekomendasi Kementerian Kesehatan RI perihal Tips Agar Tidur Malam lebih Baik; sbb :

  1. Mengurasi kegiatan olahraga di sorehari.
  2. Tidur pada waktu yang sam setiap malam.
  3. Hindari konsumsi kopi di sore hari.
  4. Tidak menaruh barang elektronik, seperti HP, TV, Laptop, di tempat tidur.

 

 


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button