Berita

BERAPA KALORI YANG DIBUTUHKAN ORANG YANG BERPUASA ? DEMIKIAN PENJELASAN AHLI RUMAH SAKIT KRAKATAU MEDIKA

Krakataumedika, Rabu,20/03/2024

Berpuasa adalah ibadah perintah Allah SWT yang diwajibkan kepada setiap muslim pada setiap tahun di bulan Ramadhan. Seorang muslim tidak diperbolehkan makan dan minum sejak waktu menjelang subuh sampai dengan terbenamnya matahari atau waktu magrib.

Orang yang berpuasa dianjurkan untuk makan dan minum diwaktu sahur dan menahan makan dan minum menejalang waktu subuh, berapa banyak makanan dan minum yang kita butuhkan disaat sahur sehinggu tubuh kita bisa kuat saat berpuasa? Demikian penjelasan Ayu Widiawati Agustina, S.Gz seorang ahli gizi Rumah Sakit Krakatau Medika.

 

Kebutuhan kalori seorang dewasa pada umumnya dalam sehari adalah 2000 kalori dan kebutuhan cairan minimal 8 gelas dalam sehari. 2000 kalori perhari pada orang yang berpuasa dapat dipenuhi dengan 40% dari total kebutuhan kalori harian makanan pada saat sahur dan 60% dari total kebutuhan kalori harian pada saat berbuka atau waktu malam hari. Adapun komposisi 2000kal per hari terdiri dari karbohidrat sebanyak 65% dari total kalori harian sebesar 325 gr, lemak 20% dari total kalori harian sebesar 44 gr dan protein 15% dari total kalori harian sebesar 75 gr. 

 

Pada saat berpuasa tubuh dalam keadaan dehidrasi dan terjadi penurunan kadar gula, maka ketika berbuka disarankan merehidrasi untuk memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih terlebih dahulu. Penurunan kadar gula yang terjadi saat berpuasa dapat kembali dinaikkan dengan konsumsi kudapan manis. Kudapan manis yang disarankan adalah perpaduan dari berbagai jenis gula, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, contohnya; teh manis, jus buah, potongan buah, salad. Konsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat, namun gula di dalam tubuh juga terjadi penurunan yang curam, sehingga tubuh menjadi cepat lemas dan mudah mengantuk. Misalnya es campur ditambah dengan berbagai macam gorengan.

 

Pemenuhan kalori harian dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan utama dengan gizi yang seimbang. Makanan utama terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karbohidrat memberikan energi ketika berpuasa, utamakan sumber karbohidrat kompleks. Lauk pauk kaya akan protein hewani dan nabati dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit selama berpuasa. Serta perbanyak konsumsi sayur dan buah karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

 

Untuk berbuka dan sahur orang yang berpuasa disarankan untuk menghindari makanan berkolesterol tinggi karena dapat memberatkan pencernaan tubuh. Selain itu, hindari juga makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi misal ikan asin, keripik, dan kerupuk supaya tidak mudah haus. Pilih makanan saat sahur dan buka dengan bijak sesuai dengan gizi seimbang dan juga cukupi kebutuhan cairan sehingga dapat menunaikan ibadah puasa dengan khidmat dan lancar.

 

Demikian penjelasan dari Ayu Widiawati Agustina,S.Gz Ahli Gizi Rumah Sakit Krakatau Medika untuk orang yang berpusa agar dapat memperhatikan kebutuhan kalorinya saat berpuasa dan menghindari makan dan minum yang dapat mempengaruhi keadaan puasanya. (red.humaskm)

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button