Kamar Bedah - Instalasi Bedah Sentral

kamar-bedah

Instalasi Bedah Sentral & Sterilisasi terdiri dari unit bedah sentral dan unit sterilisasi sentral dan gas medik yang selalu mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dalam memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku.

1.Unit Bedah Sentral

Unit Bedah Sentral merupakan salah satu bagian dari sistem pelayanan di Rumah Sakit Krakatau Medika, yang penting dalam hal memberikan pelayanan kepada pasien yang memerlukan tindakan pembedahan, baik untuk kasus-kasus terencana (elektif) maupun kasus-kasus bedah darurat/segera (cito).

Fasilitas :

  • Memiliki kapasitas 5 kamar operasi yang terdiri 3 kamar operasi mayor/besar, 1 kamar operasi mata dan 1 kamar operasi minor/kecil. Selain itu terdapat pula ruangan pre operasi  yang terdiri dari 3 tempat tidur dan ruang pemulihan (Recovery Room) yang terdiri dari 5 tempat tidur.
  • Dilengkapi beberapa peralatan seperti mesin anestesi dan ventilator, meja operasi, lampu operasi, mesin suction, monitor, gas medik, peralatan pendukung dan instrumen yang lengkap termasuk implan.
  • Memiliki peralatan canggih seperti mesin C-arm, Neurosurgery Microscope, Opthalmic Operation Microscope.
  • Desain tata ruang operasi sudah memenuhi syarat untuk mengurangi risiko infeksi berdasar atas tingkat sterilitas ruangan (zona steril sangat tinggi, zona steril tinggi, zona steril sedang, dan zona steril rendah) dan koridor/alur steril terpisah  dengan koridor/alur kotor.
  • Sarana dan prasarana memenuhi ketentuan yang berlaku baik komponen lantai (vinyl), komponen dinding (pelapis anti bakteri) dan komponen langit-langit.
  • Menjamin kualitas udara di kamar operasi dengan menggunakan sistem sirkulasi tertutup laminary flow yang sudah menggunakan HEPA Filter dan juga Chiller 70PK untuk menjaga suhu dan kelembaban sesuai standar.

 Pelayanan :

  • Didukung oleh Spesialis Anestesi (bius) dan Spesialis Bedah yang mahir dan kompeten terdiri dari Bedah Umum, Bedah Mata, Bedah THT, Bedah Kandungan, Bedah Mulut,  Bedah Urologi, Bedah Ortopedi, Bedah Syaraf, Bedah Thoraks dan Kardiovaskuler dan Bedah Digestif.
  • Dapat melayani berbagai tindakan operasi baik invasif maupun minimal invasif seperti Laparoskopi, Arthroskopi, Citoskopi, URS dan lainnya.
  • Tersedia perawat baik perawat bedah dan perawat anestesi 24 jam sehari.

Pelaksanaan setiap tindakan operasi berdasarkan standar prosedur yang berlaku yaitu Panduan Praktik Klinis, Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS), Standar Precaution, Sterilitas dan Prosedur keselamatan pasien seperti Informed Consent, Site Marking dan Surgical Safety Checklist.

2. Unit Sterilisasi Sentral dan Gas Medik, Central Sterile Supply Department/ CSSD,

CSSD adalah salah satu unit di rumah sakit  yang bertanggung jawab atas pencegahan infeksi melalui sterilisasi alat dan instrumen. Sebagai tanggung jawab terhadap jaminan mutu sterilisasi, CSSD juga melakukan uji kultur instrumen secara rutin dan penentuan masa kadaluarsa instrumen steril.

Mempunyai mesin sterilisasi sebanyak 5 buah mesin sterilisasi yang terdiri

  • 1 mesin sterilisasi suhu rendah (plasma)
  • 2 mesin sterilisasi suhu tinggi tekanan uap kering (Steam)
  • 2 mesin sterilisasi suhu tinggi tekanan uap basah

Gas Medik dan Vakum Medik

Didukung fasilitas Gas Medik dan Vakum Medik yang tersentralisasi.


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail