Artikel

Manfaat membiasakan Sarapan Pagi bagi Kesehatan

makanan_sarapan

Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum membiasakan sarapan. Padahal dengan tidak sarapan akan berdampak buruk terhadap proses belajar di sekolah bagi anak sekolah, menurunkan aktifitas fisik, menyebabkan kegemukan pada remaja, orang dewasa, dan meningkatkan risiko jajan yang tidak sehat.

Manfaat sarapan

Sebaliknya, sarapan membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan untuk berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal setelah bangun pagi. Bagi anak sekolah, sarapan yang cukup terbukti dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan stamina. Bagi remaja dan orang dewasa sarapan yang cukup terbukti dapat mencegah kegemukan. Membiasakan sarapan juga berarti membiasakan disiplin bangun pagi dan beraktifitas pagi dan tercegah dari makan berlebihan dikala makan kudapan atau makan siang.

Saat bangun tidur, sistem pencernaan kosong dan harus diisi agar dapat mengerjakan berbagai aktivitas. Suplai energi yang optimal dan menyehatkan merupakan bahan bakar yang akan membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Tanpa stamina yang prima, akan sulit berkonsentrasi bahkan dapat mengakibatkan pingsan. Tidak membiasakan sarapan akan mendorong untuk lebih memilih camilan dengan kadar gula tinggi yang berbahaya, dimana jenis makanan ini berpotensi menaikkan berat badan hingga membuat tekanan darah menjadi kacau.

Pentingnya kebiasaan sarapan

Karena itu sarapan merupakan salah satu perilaku penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum berkala setiap tahun untuk selalu mengingatkan dan mendorong masyarakat agar melakukan sarapan yang sehat sebagai bagian dari upaya mewujudkan Gizi Seimbang.

Menurut Bernatal Saragih; Guru Besar Bidang Pangan dan Gizi Universitas Mulawarman, Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Kalimantan Timur dalam Paper "Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Untuk Perbaikan Gizi dan Kemandirian Pangan" menyebutkan; kenapa program sarapan menjadi sangat penting, karena dengan sarapan;

  1. Menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat,
  2. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat,
  3. Meningkatkan prestasi belajar,
  4. Mencegah jajan sembarangan, dan
  5. Melatih disiplin dan Kebersamaan,
  6. Tidak Sarapan, melahirkan generasi lemah, rentan sakit dan masa depan suram.

Jenis makanan sarapan

Sarapan sehat setiap pagi dapat diwujudkan dengan bangun pagi, mempersiapkan dan mengonsumsi makanan dan minuman pagi sebelum melakukan ktifitas harian. Sarapan yang baik terdiri dari pangan karbohidrat, pangan lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan dan minuman. Bagi orang yang tidak biasa makan kudapan pagi dan kudapan siang, porsi makanan saat sarapan sekitar sepertiga dari total makanan sehari. Bagi orang yang biasa makan kudapan pagi dan makanan kudapan siang, jumlah porsi makanan sarapan sebaiknya seperempat dari makanan harian.

 sarapan-sehat

Referensi :

  • Permenkes RI No 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang
  • Flyer Awali hari dg Sarapan Sehat ; Kemenkes RI
  • Bernatal Saragih; Guru Besar Bidang Pangan dan Gizi Universitas Mulawarman, Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Kalimantan Timur dalam Paper "Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Untuk Perbaikan Gizi dan Kemandirian Pangan"

Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button