Manfaat Puasa bagi Kesehatan

kembang-api-puasa-ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan salah satu Rukun Islam; dan kewajiaban bagi umat Islam untuk menjalankannya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Beberapa ahli baik dibidang kesehatan maupun dibidang ke-Islaman ...// 

...// telah melakukan berbagai kajian dan bahkan penelitian perihal manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa diantaranya; sebagai berikut :

1) Membantu memperbaiki kondisi medis
Diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

2) Mengurangi risiko kanker.
Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker.

3) Menjaga berat badan.
Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan (obesitas) dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Namun penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa.

4) Menyehatkan jantung.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.

5) Detoksifikasi.
Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal
    
6) Regenerasi Sel.
Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik
    
7) Psikologi lebih Tenang
Puasa mengharuskan untuk menahan amarah. Kondisi membuat keadaan psikologis menjadi lebih tenang dan akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin dapat mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik sehingga dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

8) Peningkatan Kekebalan Tubuh
Puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, saat berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik.

9) Penawar Sakit Sendi/Encok
Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang selanjutnyua akan membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara peningkatan kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi (penyebab encok).

10) Mengurangi Peradangan.
Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan; peradangan dapat memengaruhi kemampuan tubuh saat melawan infeksi. Peradangan berpotensi jadi faktor risko untuk penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis. Hasil studi menyebutkan bahwa tingkat peradangan orang yang berpuasa lebih dari 12 jam sehari dapat menurun.

Namun demikian; Puasa dapat menjadi membahayakan kesehatan, jika melakukannya tanpa disertai dengan makan sahur atau saat kondisi tubuh tidak sehat. Berikut beberapa kondisi yang berisiko untuk berpuasa:

  • memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi,
  • kurang darah atau anemia,
  • memiliki Diabetes,
  • menderita Gangguan makan,
  • memiliki masalah ginjal atau hati,
  • menderita gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh,
  • sedang menjalani pengobatan misalnya kemoterapi,
  • Ibu hamil dan menyusui,
  • pernah mengalami gangguan ritme jantung


Referensi :

  1. Direktorat P2PTM; Apa saja manfaat puasa?
  2. Pasca Sarjana Unej; Manfaat Puasa bagi Kesehatan; http://pasca.unej.ac.id/manfaat-puasa-bagi-kesehatan-2
  3. Media Mandiri Inhealth Edisi April; Juni 2019; Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh
  4. Kompas Health; 7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan