Artikel

Strategi Penyelenggaraan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS

strategi-simrs

Tata kelola sistem informasi yang baik harus selaras dengan fungsi, visi, misi dan strategi organisasi. Secara generik fungsi Rumah Sakit (menurut WHO tahun 1957), memberikan pelayanan kesehatan lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitatif, dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan.

Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial. Rumah sakit juga merupakan pusat pelayanan rujukan medik spsialistik dan sub spesialistik dengan fungsi utama  menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitasi pasien).

Strategi Penyelenggaraan SIMRS merupakan salah satu faktor penting dalam ruang lingkup Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit-SIMRS; agar dalam perancangannya sesuai dengan implementasi yang diharapkan oleh semua stakeholder (institusi, pemerintah, masyarakat, dll).

Proses Bisnis Utama RS
Dengan demikian secara umum sistem informasi Rumah Sakit harus selaras dengan bisnis utama (core bussines) dari Rumah Sakit itu sendiri, terutama untuk informasi riwayat kesehatan pasien atau rekam medis (tentang indentitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien), informasi kegiatan operasional (termasuk informasi sumber daya manusia, material, alat kesehatan, penelitian serta bank data.

Keberhasilan implementasi sistem informasi bukan hanya ditentukan oleh teknologi informasi tetapi juga oleh faktor lain, seperti proses bisnis, perubahan manajemen, tata kelola IT dan lain-lainnya. Karena itu bukan hanya teknologi tetapi juga kerangka kerja secara komprehensif sistem informasi Rumah Sakit.

Akreditasi Rumah Sakit
Jika dihubungkan dengan Akreditasi Rumah Sakit; bahwa dalam Akreditasi Rumah Sakit, standar yang harus dicapai oleh Rumah Sakit telah dikelompokkan berdasarkan fungsi-fungsi pentingyang umum dalam organisasi perumahsakitan. Dimana pengelompokan berdasarkan fungsi, saat ini paling banyak digunakan diseluruh dunia

Standar dikelompokkan menurut fungsi-fungsi yang terkait dengan penyediaan pelayanan bagi pasien; juga dengan upaya menciptakan organisasi rumah sakit yang aman, efektif, dan terkelola dengan baik.

Fungsi-fungsi tersebut tidak hanya berlaku untuk rumah sakit secara keseluhan tetapi juga untuk  setiap unit, departemen, atau layanan yang ada dalam organisasi rumah sakit tersebut. Sehingga strategi penyelenggaraan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) akan lebih baik jika mengakomodasi ruang lingkup Akreditasi Rumah Sakit.

BPJS Kesehatan
Pelayanan BPJS Kesehatan yang melibatkan (kerjasama) Rumah Sakit sebagai fasilitas kesehatan untuk menindak lanjut pleyanannya kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan; maka hal ini juga menjadi perhatian dalam menyusun strategi penyelenggaraan SIMRS. Beberapa layanan yang ada di BPJS Kesehatan akan menuntut kesiapan pihak Rumah Sakit dalam penyelenggaraan SIMRS.

 


Baca Juga :