Tips menghadapi New Normal COVID-19

new-normal-mask

Hingga saat ini Pandemi Covid-19 masih bergulir bahkan dari hari ke hari angka yang trkonfirmasi makin bertambah terus. Pemerintah mendorong untuk melanjutkan kehidupan dengan kebiasaan baru atau disebut dengan istilah New Normal; merupakan kehidupan ke arah normal namun melakukan adaptasi terhadap kondisi lingkungan yang masih dikelilingi Pandemi COVID-19.

Semua orang tidak mungkin bertahan terus selamanya didalam rumah, karena aktifitas kehidupan harus didukung dengan perekonomian yang berjalan normal. Sehingga masyarakat dituntut untuk kembali beraktifitas; pedagang kembali berdagang, pekerja kembali bekerja, dst; namun dalam beraktifitas di masa Pandemi COVID-19 harus berbeda dan harus beradaftasi membiasakan perilaku yang mengarah agar terhindar dari terpapar atau terinfeksi Virus Corona penyebab COVID-19.

Berikut ini adalah beberapa tips perilaku menghadapi New Normal COVID-19; antara lain :

1). Selamatkan keluarga; Berikan penjelasan kepada seluruh keluarga terutama lansia dan anak anak perihal kondisi New Normal dan perilaku apa yang harus dibiasakan dalam menghadapinya.

2). Patuhi Protokol Kesehatan; Mall, Kantor, Tempat Kerja, Pasar, Tempat Wisata, dan Fasilitas Umum lainnya akan menerapkan protokol kesehatan terkait dengan Pandemi COVID-19; maka patuhi dan ikuti protokol kesehatan tersebut untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Beberapa protokol kesehatan; misalnya : Cuci Tangan, Cek Suhu Tubuh, Keharusan Memakai Masker; Menjaga Jarak; dll.

3). Memakai Masker; Selalu mengenakan masker kain jika keluar rumah, dan mencucinya secara rutin sehabis digunakan atau membbuangnya jika perlu ditempat yang aman. Dengan selalu mengenakan masker, diharapkan dapat memperlambat dan mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya. Selalu asumsikan bahwa masker sehabis pakai adalah kotor dan harus dicuci atau dibuang.

4). Kebersihan Tangan; Selalu rutin memersihkan tangan secara menyeluruh dengan alkohol atau cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan gosok tangan berbasis alkohol dapat membunuh virus yang besar kemungkinan menempel ditangan di era New Nromal ini. Maka, jika perlu mambawa hand sanitizer dengan kandungan 70 persen alkohol jika akan berpergian. Gunakan hand sanitinzer setelah beraktivitas atau setelah melakukan hal apa pun; sebelum tangan menyentuh barang pribadi atau wajah.

5) Menjaga Jarak; Selalu mempertahankan jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter. Pada saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara, maka mengeluarkan droplet dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, maka ada kemungkinan terhirupnya droplet yang didalamnya mungkin ada virus COVID-19.

6) Menjauhi Kerumunan; Selalu menghindari pergi ke tempat ramai dan kerumunan. Di tempat ramai atau kerumunan kemungkinan besar ada seseorang atau lebih yang telah terkontaminasi virus, dan dapat menularkannya kepada yang lain.

7) Hindari Menyentuh Wajah; Upaya untuk selalu ingat untuk menghindari menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut. jika tangan telah menyentuh permukaan benda, meja, kursi, pintu, dll, maka virus dapat menempels. Tangan yang telah terkontaminasi dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Kemudian selanjutnya, virus dapat masuk ke tubuh dan terjadi infeksi.

8) Etika Batuk dan Bersin; Selalu ingatkan pihak lain perihal menjaga kebersihan termasuk etika bersin dan batuk, untuk menutupi mulut dan hidung dengan siku atau tissue (selalu membuang tissue kotor dengan aman).

9) Hati hati dengan Alat Pembayaran; Selalu asumsikan bahwa virus bisa menempel pada alat pembayaran (uang tunai); sehingga selalu waspada padaa menerima uang kembalian; jika perlu masukkan kedalam plastik dan disterilkan setelah dirumah. Atau jika perlu gunakan metode pembayaran tanpa menggunakan uang tunai; misalnya kartu debet, dll. Selalu ingat untuk membersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tunai, untuk menghindari terpapar virus yang berasal dari uang tunai.

9). Pola Hidup Sehat; Upayakan selalu menjalani Pola Hidup Sehat; perilaku hidup sehat dan bersih, konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, aktifitas fisik (olahraga), pola tidur yang baik, hindari stress, dan lakukan etika batuk dan bersin. Jangan melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat dan membuat tubuh terlalu lelah, karena tubuh akan menjadi lebih mudah terpapar penyakit.

10). Gunakan Peralatan Milik Sendiri; Jika harus keluar rumah dalam jangka waktu agak lama; maka upayakan gunakan peralatan milik sendiri; misalnya : peralatan makan, peralatan sholat, dll. Upayakan untuk tidak berlama lama ditempat yang memilki permukaan yang rawan ditempeli droplet; misalya : meja umum, tempat duduk umum, dll. Jika terpaksa maka harus berhati hati tentang kemungkinan menempel virus pada permukaan benda yang ada disekitar.
 
11). Fasilitas Telemedicine & Transportasi Publik; Manfaatkan fasilitas telemedicine dan hindari transportasi publik yang ramai; bersabar atau mencari alternatif lain. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.

Tips tersebut hanya beberapa dari perilaku penting yang harus dilakukan (beradaptasi) dalam kondisi New Normal, dimana pandemi COVID-19 masih tetap ada. Upayakan untuk selalu mencari informasi terbaru dan terpercaya tentang perkembangan Pandemi COVID-19; untuk melindungi diri dan keluarga.

Berikut ini adalah rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI agar terhindar dari COVID-19 selama di Tempat Kerja :

  1. Saat tiba, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  2. Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift
  3. Tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi.
  4. Untuk sementara tidak menggunakan absensi finger print
  5. Bersihkan meja/area kerja dengan desinfektan.
  6. Upyakan tidak sering menyentuh fasilitas/ peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan hansanitizer
  7. Tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter.
  8. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja.
  9. Biasakan tidak berjabat tangan.
  10. Masker tetap digunakan.
  11. Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ditempat kerja.

 

flyer-terhindar-covi18-ditempat-kerja

 


Baca Juga :

 

 


Cetak   E-mail