Pengembangan Aplikasi New KHS sebagai SIMRS Terintegrasi

Dimulai pada tanggal 1 Pebruari 2020 sampai dengan 31 Oktober 2020 sedang digarap dan dikembangkan Proyek Aplikasi New KHS (New Krakatau Hospital System); merupakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang terintegrasi meliputi seluruh bisnis proses yang ada di sebuah Rumah Sakit.

Proyek tersebut merupakan kesepakatan dan kerjasama antara Krakatau Medika (KM) dengan Krakatau Information Technology; dimana Krakatau Medika telah berpengalaman dalam menjalankan operasional Rumah Sakit yang terakreditasi KARS Paripurnna. Sedangkan Krakatau Information Technology telah berpengalaman dalam pengembangan software ERP termasuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di beberapa Rumah Sakit swasta maupun milik pemerintah.


New KHS ini dikembangkan berbasis web dengan platform Java; yang direncanakan akan menggantikan fungsi SITMAPAS (Sistem Informasi Manajemen Pasien) yang ada saat ini. Diharapkan New KHS akan lebih handal, ringan, fleksible dan terintegrasi seperti layaknya sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning) di perusahaan.

Manajemen berharap New KHS ini akan lebih baik dan menyempurnakan Aplikasi SITMAPAS serta mengintegrasikan seluruh system yang ada di Krakatau Medika, sehingga menunjang seluruh layanan yang terintegrasi, khususnya di Era Industri 4.0 dan era persaingan yang semakin ketat.  Keberhasilan New KHS yang sedang dikerjakan ini; akan tergantung pada kinerja anggota tim yang terlibat dalam mendeskripsikan seluruh bisnis proses yang ada.

Perlu diinformasikan juga bahwa SIMRS harus memilki kemampuan untuk integrasi (bridging) dengan sistem atau aplikasi yang dimilki BPJS Kesehatan. Hal hal yang ditekankan oleh BPJS Kesehatan dalam kerjasamnya dengan PERSI bahwa rumah sakit harus memiliki display informasi ketersediaan tempat tidur untuk perawatan dan komitmen memastikan kemudahan pasien gagal ginjal kronis mendapatkan kemudahan layanan cuci darah. Selain itu juga bahwa BPJS Kesehatan berharap perihal sistem antrian elektronik dan penjadwalan layanan operasi/bedah di faskes.

Manajemen mengajak seluruh komponen Krakatau Medika ikut mendukung dan bekerjasama untuk membantu project ini; yang telah menjadi Keputusan BOD Krakatau Medika. Semoga dengan Izin Allah SWT dan dukungan seluruh insan Krakatau Medika, New KHS ini bisa berjalan dan berhasil dengan baik. Aamiin..

 


Baca Juga :

 

Pin It

Cetak   E-mail