Rehabilitasi Medik

rehabilitasi_medik

Rehabilitasi Medik adalah Pelayanan Kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan kondisi sakit, penyakit atau cidera melalui panduan intervensi medik, keterapian fisikdanataurehabilitative untukmencapai kemampuan fungsi yang optimal.


Unit Rehabilitasi Medik Krakatau Medika Hospital meliputi pelayanan :
1) Fisioterapi
Fisioterapi merupakan pelayanan ditujukan kepada pasien untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, menggunakan peralatan fisik, elektroterapeutis dan  mekanis, serta pelatihan  fungsi,  dan komunikasi.

2) Okupasi Terapi
Okupasi Terapi adalah suatu upaya penyembuhan/ pengobatan terhadap suatu gangguan dengan cara pemberian tugas, kesibukan atau pekerjaan tertentu agar anak dapat mengembangkan diri dan mengembangkan potensinya semaksimal mungkin.

3) Terapi Wicara
Terapi wicara sesuai problematik terapi wicara dan batas kemampuan pasien. Terapi wicara adalah suatu uapaya sesuai disiplin ilmu untuk memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/ kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara normal.

Fisioterapi didasari pada teori ilmiah dan dinamis yang diaplikasikan secara luas dalam hal penyembuhan, pemulihan, pemeliharaan, dan promosi fungsi gerak tubuh yang optimal, meliputi; mengelola gangguan gerak dan fungsi, meningkatkan kemampuan fisik dan fungsional tubuh, mengembalikan, memelihara, dan mempromosikan fungsi fisik yang optimal, kebugaran dan kesehatan jasmani, kualitas hidup yang berhubungan dengan gerakan dan kesehatan, mencegah terjadinya gangguan, gejala, dan perkembangan, keterbatasan kemampuan fungsi, serta kecacatan yang mungkin dihasilkan oleh penyakit, gangguan,
kondisi, ataupun cedera.

Tujuan Pelayanan Fisioterapi adalah memberikan pelayanan fisioterapi pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Memecahkan masalah dan kebutuhan kesehatan gerak fungsional tubuh manusia dengan menerapkan ilmu pengetahuan teknologi fisioterapi secara aman, bermutu, efektif dan efisien dengan pendekatan holistik paripurna, dituntun oleh kode etik, berbasis bukti, mengacu pada standar/pedoman serta dapat dipertanggungjawabkan.

Fisioterapi musculoskeletal antara lain orthopaedi, cedera olahraga, dan kesehatan haji, melalui pendekatan antara lain dengan joint manipulation, soft tissue manipulative, kinesio tapping and splinting, dan exercise therapy.

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail