Catheterization Laboratory (Cath Lab)

cath_lab

Cathy Lab atau Kateterisasi jantung & Angiografi adalah prosedur atau tindakan Cardiology Diagnostic Invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut. Alat yang digunakan dalam Cath Lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail.

Dengan begitu, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Merupakan fasilitas diagnostik intervensi dibidang pelayanan penyakit jantung. Unit Cathlab adalah bagian dari Instalasi Rawat Jalan dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern dengan pelayanan yang profesional, terintegrasi dan terencana dengan baik. Laboratorium Kateterisasi ini dilengkapi oleh berbagai peralatan mutakhir. Peralatan canggih ini akan membantu dokter untuk melakukan prosedur diagnostik dan intervensi yang minimal invasi.

Cath Lab sendiri paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti Angiografi Koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, Cath Lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti Radiologi Intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Kateterisasi  jantung  (berasal  dari  kata  catheterization  laboratory  dan  sering disingkat menjadi kateterisasi jantung) adalah tempat melakukan tindakan  kateterisasi  baik  yang  bertujuan  untuk  diagnostik  (mencari  gangguan  struktur  dan/  atau  fungsi  pada  pembuluh  darah  jantung,  pembuluh  darah  lainnya,  dan/  atau  organ  lain)  dan/  atau  terapetik  (memperbaiki  gangguan  struktur  dan/  atau  fungsi  pembuluh  darah  jantung, pembuluh darah lainnya, dan/ atau organ lain).

 


Baca Juga :

 

Pin It

Cetak   E-mail