Catheterization Laboratory (Cath Lab)

cath_lab

Cath Lab atau Kateterisasi jantung & Angiografi adalah prosedur atau tindakan Cardiology Diagnostic Invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut. Alat yang digunakan dalam Cath Lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail.

Dengan begitu, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Merupakan fasilitas diagnostik intervensi dibidang pelayanan penyakit jantung. Unit Cathlab adalah bagian dari Instalasi Rawat Jalan dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern dengan pelayanan yang profesional, terintegrasi dan terencana dengan baik. Laboratorium Kateterisasi ini dilengkapi oleh berbagai peralatan mutakhir. Peralatan canggih ini akan membantu dokter untuk melakukan prosedur diagnostik dan intervensi yang minimal invasi.

Cath Lab sendiri paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti Angiografi Koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, Cath Lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti Radiologi Intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Kateterisasi  jantung  (berasal  dari  kata  catheterization  laboratory  dan  sering disingkat menjadi kateterisasi jantung) adalah tempat melakukan tindakan  kateterisasi  baik  yang  bertujuan  untuk  diagnostik  (mencari  gangguan  struktur  dan/  atau  fungsi  pada  pembuluh  darah  jantung,  pembuluh  darah  lainnya,  dan/  atau  organ  lain)  dan/  atau  terapetik  (memperbaiki  gangguan  struktur  dan/  atau  fungsi  pembuluh  darah  jantung, pembuluh darah lainnya, dan/ atau organ lain).

Penyumbatan total pada arteri koroner dalam hitungan menit akan menimbulkan kematian sel-sel otot jantung (miokard), sehingga jantung berkurang kemampuannya bahkan mengalami kegagalan fungsi sebagai pompa sirkulasi darah ke seluruh tumbuh. Kondisi ini disebut infark miokard akut, yang oleh awam dikenal sebagai “Serangan Jantung”.

Infark miokard akut seringkali menimbulkan kematian mendadak, dan kini semakin banyak menyerang usia produktif yang menjadi tulang punggung keluarga. Semakin cepat sumbatan arteri koroner diatasi, semakin banyak sel-sel miokard terselamatkan dan daya pompa jantung dapat dipertahankan.

Upaya reperfusi untuk melancarkan kembali aliran darah arteri koroner yang tersumbat total, dapat ditempuh melalui pemberian obat trombolitik. Tetapi intervensi koroner perkutan (percutaneous coronary intervension/PCI) yang dilakukan di laboratorium kateterisasi disertai pemasangan ring (stent), terbukti lebih efektif dalam menyelamatkan sel-sel miokard yang terancam rusak.  

Pertolongan pada kondisi akut ini disebut PCI primer (primary PCI), yang idealnya dilakukan kurang dari 12 jam sejak serangan timbul. Oleh sebab itu, fasilitas pelayanan kesehatan semacam ini seyogyanya tersedia cukup di setiap daerah, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat yang membutuhkan.

Cath Lab Krakatau Medika hadir di Cilegon, wilayah Banten Barat; dengan didukung oleh dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (SpJP) yang berpengalaman dan dengan jumlah yang memadai.

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail