Klinik Layanan TB DOTS - TBC Directly Observed Treatment Short-course

Klinik Layanan TB DOTS Rumah Sakit Krakatau Medika adalah pelayanan kesehatan pasien TB serta berpartispasi dalam program pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat TB Paru dengan cara memutuskan mata rantai penularan; sehingga penyakit TB tidak lagi meupakan masalah kesehatan masyarakat.

Aktifitas layanan dilakukan secara komprehensif meliputi promosi kesehatan TB, Surveilans TB, Pengendalian Faktor Resiko TB, Penemuan dan Penanganan Kasus TB, serta Pemberian Obat pencegahan TB.

Promosi Kesehatan TB :
Melakukan penyuluhan tentang TB melalui kelompok masyarakat mauoun perorangan; menyebar luaskan an membagikan brosur/ leaflet TB pada tempat tempat layanan kesehatan.

Surveilans TB :
Melakukan pengumpulan data secara sistematis dan terus menerus dilanjutkan dengan pengolahan data, analisis, serta interpretasi data untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perencanaan pelayanan TB selanjutnya.
 
Pengendalian Faktor Resiko TB :
Melakukan edukasi terhadap pasien dan pengunjung Poli TB DOTS; a.l. tentang etika batuk, cara penularan TB, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

Penemuan dan Penanganan Kasus TB :
Melakukan peningkatan kolaborasi dan koordinasi penemuan kasus TB dengan PKM dan jejaring eksternal da internal (memperluas cakupan pasien suspek pada orang orang kontak TB).

Pemberian Obat pencegahan TB :
Melakukan pemberian INH pada pasien HIV dan pemberian vaksin BCG pada bayi yang baru lahir yang datang ke RS Krakatau Medika.

Selain itu RS Krakatayu Medika juga melakukan hal hal sbb :

  • Menyiapkan tenaga pelaksana DOTS antara lain dokter, perawat, petugas laboratoium, petugas farmasi, petugas pencatatan dan pelaporan, dan lain-lain.
  • Membentuk tim DOTS di rumah sakit. Tim tersebut akan melakukan koordinasi kegiatan internal linkage atau external linkage.
  • Menyediakan tempat untuk unit DOTS di dalam rumah sakit. Tempat ini menjadi pusat kegiatan pelayanan pasien TB di rumah sakit.
  • Menyediakan tempat / rak penyimpanan paket-paket OAT di ruang DOTS.
  • Menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan mikrobiologis dahak sesuai standar.


Baca Juga :

 

 


Cetak   E-mail