Artikel

Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini

anak-usia-dini

Perkembangan anak mengikuti perubahan yang terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang terkait dengan kesehatan fisik, kesiapan mental, kemantapan emosi, kemampuan sosial, dan kesiapan belajar.

Pentingnya Menjaga Perkembangan Anak

Kehidupan anak, usia di bawah lima tahun merupakan bagian yang sangat penting. Usia tersebut merupakan landasan yang membentuk masa depan kesehatan, kebahagiaan, pertumbuhan, perkembangan, dan hasil pembelajaran anak di sekolah, keluarga, masyarakat dan kehidupan secara umum.

Penelitian mutakhir, mengungkapkan bahwa sampai dengan usia lima tahun sangat penting bagi perkembangan otak, sedangkan usia sampai dengan tiga tahun sangat penting bagi pembentukan otak. Berbagai pengalaman masa kecil menjadi dasar untuk perkembangan pengorganisasian dan fungsi otak sepanjang hidupnya. Hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap bagaimana cara anak mengembangkan kemampuan belajar, kemampuan sosial ataupun emosinya. Anak anakmemiliki kemampuan belajar lebih cepat dibandingkan dengan kemampuyan pada usia lainnya. Anak memerlukan kasih sayang dan pengasuhan untuk menumbuhkan rasa aman dan percaya yangnantinya berkembang menjadi rasa percaya pada saat mereka tumbuh.

Bayi dan anak-anak akan tumbuh, belajar dan berkembang dengan cepat jika mereka menerima kasih sayang, cinta, perhatian, dorongan dan stimulasi mental di samping makanan bergizi dan perawatan kesehatan yang baik. Memahami tahapan perkembangan anak, akan membantu orang tua mengerti tentang apa yang diharapkan dan bagaimana orang tua dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang.

Kewajiban Orangtua tentang Kesehatan Anak

Semua anak mempunyai hak untuk dibesarkan dalam satu keluarga yang punya akses kepada perawatan kesehatan berkualitas, gizi yang baik, pendidikan, kegiatan bermain, dan perlindungan terhadap bahaya, pelecehan dan diskriminasi. Anak punya hak untuk tumbuh dalam satu lingkungan, di mana mereka dapat mencapai seluruh potensi dalam hidupnya. Adalah tugas orang tua, pengasuh dan setiap anggota keluarga, masyarakat, masyarakat sipil dan pemerintah untuk memastikan bahwa hak-hak ini dihormati, dilindungi dan dipenuhi.



1). Usia dini, terutama usia tiga tahun pertama, masa yang sangat penting bagi pembentukan otak bayi. Segala yang ia lihat, raba, cicipi, cium atau dengar akan berpengaruh terhadap bagaimana otak berpikir, merasa, bergerak dan belajar. (Pelajari Lebih Lanjut ---> Memupuk Perkembangan Otak Bayi dan Anak Usia Dini)

2). Bayi belajar dengan pesat sejak ia lahir. Mereka tumbuh dan belajar dengan baik, jika kedua orang tua penuh perhatian, serta para pengasuh memberikan perhatian, kasih sayang, dan rangsangan di samping gizi yang baik, perawatan kesehatan yang memadai serta perlindungan. (Pelajari Lebih Lanjut ---> Pentingnya Kasih Sayang dalam Perkembangan Anak)

3). Mendorong anak untuk bermain dan melakukan penjelajahan, membantu anak untuk belajar dan berkembang, baik dari aspek sosial, emosi, fisik dan intelektualnya. Semuanya ini akan sangat membantu agar anak siap untuk sekolah. (Pelajari Lebih Lanjut---> Pembelajaran Anak dalam Bermain)

4). Anak belajar tentang bagaimana berperilaku (secara sosial dan emosional) dengan cara meniru perilaku orang yang paling dekat dengan mereka. (Pelajari Lebih Lanjut ---> Pembelajaran Perilaku Usia Dini)

5). Memasuki sekolah dasar pada waktunya sangat penting bagi kelangsungan perkembangan anak. Dukungan orang tua, atau pengasuh, guru dan masyarakat merupakan hal yang sangat penting. (Pelajari Lebih Lanjut...Pentinya Dukungan Orangtua dalam Sekolah Anak)

6). Semua anak tumbuh dan berkembang dalam pola yang sama, tetapi setiap anak berkembang sesuai dengan kemampuannya. Setiap anak memiliki minat sendiri, perangai sendiri, dan cara berinteraksi sosial serta pendekatan khas terhadap pembelajaran. (Pelajari Lebih Lanjut ---> Memahami Perkembangan Anak Usia Dini)


Referensi :
Penuntun Hidup Sehat Edisi Keempat, 2010; UNICEF, WHO, UNESCO, UNFPA, UNDP, UNAIDS, WFP, the World Bank dan Kementerian Kesehatan.

 


Baca Juga :

  1. Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Mata
  2. Penyakit Menular, Jenis dan Penanggulangannya

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button
Galat: 0 Typed property JchOptimize\Core\PageCache\PageCache::$cacheId must not be accessed before initialization

0

Typed property JchOptimize\Core\PageCache\PageCache::$cacheId must not be accessed before initialization

Beranda
Call stack
# Function Location
1 () JROOT/administrator/components/com_jchoptimize/lib/src/Core/PageCache/PageCache.php:184
2 JchOptimize\Core\PageCache\PageCache->store() JROOT/plugins/system/jchoptimizepagecache/jchoptimizepagecache.php:204
3 plgSystemJchoptimizepagecache->onAfterRespond() JROOT/libraries/joomla/event/event.php:70
4 JEvent->update() JROOT/libraries/joomla/event/dispatcher.php:160
5 JEventDispatcher->trigger() JROOT/plugins/system/cache/cache.php:139
6 PlgSystemCache->onAfterInitialise() JROOT/libraries/joomla/event/event.php:70
7 JEvent->update() JROOT/libraries/joomla/event/dispatcher.php:160
8 JEventDispatcher->trigger() JROOT/libraries/src/Application/BaseApplication.php:108
9 Joomla\CMS\Application\BaseApplication->triggerEvent() JROOT/libraries/src/Application/CMSApplication.php:696
10 Joomla\CMS\Application\CMSApplication->initialiseApp() JROOT/libraries/src/Application/SiteApplication.php:686
11 Joomla\CMS\Application\SiteApplication->initialiseApp() JROOT/libraries/src/Application/SiteApplication.php:212
12 Joomla\CMS\Application\SiteApplication->doExecute() JROOT/libraries/src/Application/CMSApplication.php:225
13 Joomla\CMS\Application\CMSApplication->execute() JROOT/index.php:49