Artikel

10 Tips Pola Hidup Sehat

pola-hidup-sehat

Semua orang ingin hidup sehat; karena kesehatan merupakan sesuatu yang mahal harganya; jika sakit berbagai aktifitas menjadi terganggu bahkan terhambat, perawatan kesehatan dapat mengurangi waktu produktif dan membutuhkan biaya.

Hidup sehat adalah hidup sehat secara fisik dan psikis tidak ada masalah atau gangguan kesehatan didalam tubuh, untuk alasan tersebut pola hidup sehat menjadi hal penting yang harus dilakukan. Hidup sehat harus diawali dengan pola dan perilaku hidup sehat dan bersih sehingga tubuh kita akan terbebas dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah 10 Tips Pola Hidup Sehat yang merupakan rangkuman dari beberapa pembahasan yang telah disampaikan sebelumnya.

1). Membiasakan Makan Sayur dan Buah buahan.
Makan sayur 2 porsi/hari, makan buah 3 porsi/hari; karena dapat melancarkan saluran usus dan mencegah perut kembung. Upayakan untuk memasukkan buah dan sayur dalam daftar menu makanan sehari-harinya. konsumsi  sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah  yang  cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

2). Mengurangi makanan berlemak.
Kurangi makanan berlemak agar peredaran darah di pembuluh darah tidak terhambat. Makanan berminyak memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan jantung. Sering mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, penurunan HDL (kolesterol baik), dan menyebabkan peningkatan berat badan dan Obesitas. Akibatnya timbul timbunan lemak yang menghalangi aliran darah melalui arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer.

3). Kurangi konsumsi Gula, Garam, dan Lemak (GGL);
Jika mengkonsumsi gula lebih dari 50 g (4 sendok makan), natrium lebih dari 2000 mg (1 sendok teh) dan lemak/minyak total lebih dari 67 g (5 sendok makan) per orang per hari akan dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

4). Banyak minum air putih.
Dengan banyak minum air putih selain untuk kesehatan juga dapat mempertahankan kehalusan kulit dan wajah akan tampak berseri-seri. Bagi tubuh, air berfungsi sebagai pengatur proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk atau komponen sel dan organ, media tranportasi zat gizi dan pembuangan sisa metabolisme, pelumas sendi dan bantalan organ.

5). Aktifitas Fisik.
Lakukan aktifititas fisik minimal 30 menit/hari seperti olahraga, naik tangga, jalan kaki, dll. Aktifitas fisik merangsang otak yang dapat membuat lebih bahagia dan lebih santai. Aktifitas fisik juga dapat memperlambat atau menunda perkembangan penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes tipe 2; bahkan resiko kanker.  Aktifitas fisik yang terprogram juga dapat mengendalikan berat badan dan mengatasi Obesitas.

6). Berhenti Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol.
Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol sehingga jantung dan paru paru kita sehat, hidup lebih santai dan terbebas dari risau. Rokok dan Alkohol berakibat buruk terhadap kesehatan.

7). Periksa Kesehatan secara Berkala.
Pemeriksaan yang umum dilakukan adalah beberapa pemeriksaan fisik ringan; misalnya tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah; dll. Namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pemeriksaan Medical Check Up; misalnya 1 tahun sekali, yang meliputi jenis pemeriksaan penunjang medis; laboratorium, radiologi, dll.

8). Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Perilaku mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan yang memenuhi syarat, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, pengelolaan limbah cair yang memenuhi syarat, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di dalam ruangan, dst; adalah perilaku yang dapat mencegah terkena penyakit.

9). Pengelolan Stress.
Kelola stress, lakukan pekerjaan sesuai minat dan kemampuan yang dimilki, bersikap positif, banyak tersenyum, tertawa, dan beribadah. hormon stres akan berperan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi respons tubuh terhadap masuknya mikroorganisme atau bakteri dalam tubuh.

10). Istirahat yang Cukup.
Seimbangkan aktifitas kita dengan mengatur waktu kerja dan istirahat. Manusia membutuhkan tidur yang berkualitas dimalam hari untuk memberikan kesempatan kepada tubuh beristirahat dan memulihkan kondisi; sehingga keesokan hari dapat beraktifitas bugar dan kesehatan terjaga.

 


Baca Juga :

  1. Peranan Pola Makan terhadap Risiko Penyakit Jantung
  2. Penyakit Jantung, Faktor Risiko dan Pencegahannya