Medical Check Up - MCU

medical-check-up

Krakatau Medika Hospital sebagai rumah sakit terbesar dan terpercaya di wilayah Banten Barat, mempunyai keunggulan sebagai tempat pemeriksa kesehatan (MCU Medical Check Up) bagi tenaga kerja yang bersertifikat dan berpengalaman selama kurang lebih 20 tahun.


Pemeriksaan Medical Check Up meliputi kuesioner, wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang medik seperti laboratorium dan radiologi. Pemeriksaan kesehatan dalam Medical Check Up bisa bervariasi, tergantung pada jenis peruntukkannya; misalnya : MCU berkala tahunan, seleksi calon karyawan, dll. MCU dapat mendeteksi secara dini berbagai macam penyakit, selain itu juga dapat menentukan tingkat kebugaran dan kesehatan seseorang secara umum.

Jenis Layanan Pemeriksaan Kesehatan MCU

Kami mempunyai layanan Medical Check Up yang melayani berbagai kebutuhan konsumen Perusahaan dan individual. Berbagai pemeriksaan dapat kami lakukan seperti untuk MCU pelajar, karyawan industri, tenaga kerja kelautan dan vaksinasi haji dan umroh.

1) Pemeriksaan Kesehatan (MCU) untuk Karyawan Industri, Pejalar dan Umum.
Terdapat 3 Jenis Paket Medical Check Up :
- Pre-Employment MCU / Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Kerja.
- Annual MCU / Pemeriksaan Kesehatan Berkala.
- Screening or Specified MCU / Pemeriksaan Kesehatan Khusus.

2) Pemeriksaan Kesehatan Medical Chek Up (MCU) Pelaut untuk Tenaga Kerja Pelayaran & Kelautan.
Menjelaskan sertifikat Medical Check Up yaitu Sertifikat kesehatan yang menerangkan bahwa seorang calon kru (crew) diatas kapal sedang dalam kondisi prima atau fit untuk bekerja diatas kapal. Krakatau Medika Hospital adalah Rumah Sakit terbesar di wilayah Banten Barat yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk menangani Medical Check-Up bagi pasien pelaut.

3) Pelayanan Vaksinasi Calon Jemaah Haji dan Umroh.
Krakatau Medika Hospital melayani Vaksinasi Meningitis untuk calon jamaah Haji dan Umroh ataupun Vaksinasi lainnya dan tentunya melalui layanan MCU One Stop Service untuk MCU Haji dan Umroh plus Vaksinasi Meningitis beserta buku kuning ICV (International Certificate of Vaccination) yang akan sangat memudahkan bagi Jemaah Haji dan Umroh berangkat ke tanah suci.

Pengtingnya Pemeriksaan Kesehatan MCU

Pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh (head to toe) dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Medical Check Up biasanya dilakukan secara berkala setiap tahu sekali; namun tidak menutup kemungkinan jika merasa diperlukan dapat dilakukan juga pada saat ingin mengetahui kondisi kesehatan segera.

Hal ini terutama jika ada kemungkinan memilki keluhan atau kewaspadaan atas berbagai jenis penyakit tidak menular seperti : diabetes/kencing manis, kolesterol tinggi, asam urat, ginjal, serangan jantung dan mempunyai resiko obesitas, dll. Hal ini umumnya berkaitan dengan perilaku dan pola hidup yang kurang sehat seperti; perokok, kurang olahraga, sering mengonsumsi makanan cepat saji / junk food, dll.

Proses Pemeriksaan Kesehatan MCU

Setiap orang yang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan MCU akan diminta untuk berpuasa kira kira 10 jam sebelumnya, kecuali meminum air putih; hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang lebih akurat. Selain itu juga diharapkan agar istirahat (tdur) yang cukup yaitu sekitar 7 jam.

Selanjutnya pada saat dilakukannya pemeriksaan MCU (umumnya pagi hari); akan diberikan serangkaian pertanyaan (kuesioner) untuk mengetahui riwayat yang terkait dengan kondisi keseatan. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai jenis pemeriksaan fisik yang diperlukan serta pengambilan sampel urine, darah, dan/ atau feaces.

Kemudian dilakukan juga serangkaian pemeriksaan fisik yang menggunakan peralatan medik; misalnya : Radiologi, EKG, Pyrometri, Treadmill, dll. Pengambilan sampel darah dan urine juga dilakukan 2 jam setelah peserta makan (buka puasa).

Hasil pemeriksaan kesehatan MCU yang telah selesai akan dikirimkan kepada peserta; dan selanjutnya dijadwalkan untuk konsultasi dengan dokter untuk membahas perihal hasil pemeriksann MCU tersebut. Pada saat konsultasi tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi peserta untuk mendapatkan berbagai rekomendasi penting dari dokter perihal kondisi kesehatannya.


Baca Juga :