Home Care

homecare

Adalah layanan medis yang dilakukan di rumah pasien oleh paramedik secara berkala berdasarkan schedule perawatan yang ditetapkan Dokter penanggung jawab (DPJP). Perawatan ini dibantu oleh tim kesehatan profesional (Dokter, Perawat atau Fisiotherapist) yang bisa didatangkan ke rumah pasien sewaktu-waktu, jika diperlukan.


Perawatan di rumah merupakan bagian dari proses keperawatan di rumah  sakit, yang merupakan kelanjutan dari pemulangan pasien (Discharge planning), bagi klien yang sudah waktunya  pulang dari rumah sakit. Perawatan di rumah ini bisa dilaksanakan oleh perawat dari rumah sakit, atau dilaksanakan oleh tim khusus yang menangani perawatan di rumah.

Homecare merupakan layanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga medis rumah sakit dirumah pasien, berupa kunjungan berkala atau sesuai kebutuhan, atau atas panggilan keluarga pasien; jika pasien tidak bersedia pergi ke rumah sakit.

Pasien yang dinilai tidak memerlukan peralatan rumah sakit, tidak mesti pergi ke rumah sakit, tetapi perawat atau dokter, atau tenaga kesehatan yang mendatangi rumah pasien dengan mengutamakan kemandirian pasien dan keluarganya.

Tenaga medis yang menangani pelayanan Home Care telah dibekali dengan kompetensi dan penegtahuan tentang konsep Home Care; dimana tidak hanya segi medis namun juga perihal soft skill,human relation, komunikasi,dll.

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail