Poli Gigi & Poli Gigi Spesialis

Sehubungan Pandemi COVID-19; Layanan Poli Gigi RS Krakatau Medika saat ini akan disesuaikan dengan isi Surat Edaran dari PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Cabang Cilegon; yaitu .. DISINI.

Rumah Sakit Krakatau Medika menyediakan layanan Poli Gigi; yang terdiri dari Poli Gigi Umum, dan Poli Gigi Spesialis, kedua pelayanan poli gigi tersebut dilaksanakan oleh Tenaga Dokter Gigi, Perawat Gigi, dan Dokter Spesialis Gigi dan Mulut.

Jenis  pelayanan  kesehatan  gigi  dan  mulut  pada Poli Gigi Umum; yang disediakan bagi umum, keluarga dan masyarakat meliputi pelayanan kedaruratan gigi dan mulut; yaitu : upaya menghilangkan rasa sakit, penanganan trauma sebelum pasien dirujuk. Selain itu juga pelayanan  yang  ditujukan kepada  perorangan  :  pemeriksaan  gigi  dan  mulut,  konseling  kepada  perorangan  mengenai  hygiene  mulut, pembersihan  karang  gigi (scaling) dan aplikasi fissure sealant.

Kesehatan  gigi  dan  mulut  sebenarnya  juga  merupakan  ‘cermin kesehatan’ atau "jendela kesehata" dimana banyak kelainan sistemik yang dapat dideteksi lewat gigi dan mulut seperti diabetes mellitus, HIV, dll. Kondisi gigi dan mulut berhubungan langsung dengan kesehatan secara  umum,  yaitu  lewat  jalur  asupan  nutrisi  yang  terganggu  dan  merupakan fokus infeksi bagi organ di dalam sistem tubuh. Mencegah gangguan gigi dan mulut lebih dini berarti mencegah  gangguan sistemik lainnya.

Pelayanan Poli Gigi Spesialis meliputi antara lain : Orthodonti, Periodonti, Bedah Mulut, Konservasi Gigi, dll. Ortodonti menyangkut tentang estetika posisi gigi, rahang, dan wajah. menangani bagaimana memperbaiki posisi gigi, dan memastikan rahangnya sejajar dengan benar agar tidak mengganggu struktur wajah.Periodonti menyangkut tentang  struktur mulut yang berbeda terutama gusi, gigi, dan tulang sekitarnya.

Sedangkan Konservasi Gigi merupakan bidang spesialistik yang menangani dan melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi kunyah gigi dapat berjalan normal.

 


Baca Juga :

 


Cetak   E-mail